Rabu, 25 November 2009

Instal Vista Dan XP dalam satu komputer

Instal Vista Dan XP dalam satu komputer? Gimana caranya??

Kemaren2 beli Laptop dapetnya OS Vista Basic Home, teryata vista lambat banget dan banyak pula aplikasi yang nga kompetibel ama Vista, tapi mau di ganti XP sayang, kan original pula, yang akhirnya saya putusin pake 2 OS aja deh Vista dan XP.

Yang pasti perlu kita punya sebelum instalasi
1. CD windows vista ama XP
2. software Easy BCD ( dimari aja )
3. Pastiin punya Driver XPnya sebelum di instal ( cari di situs resmi brand laptop kamu aja )

langkah-langkah ;
1. Masuk ke
control panel-->administrative tools-->computer management--->storage--->disk management(local)---> klik kanan pada c: kemudian klik shrink (untuk mendapatkan partisi hardisk yang baru).

2. Setelah selesai, kemudian
restart, dan masukan cd windows XP ke optical drive

3. Instal xp pada partisi yang anda buat tadi

4. Setelah XP selesai terinstalasi,
restart laptop anda kemudian masukan CD Window Vista, Setelah Vista Masuk ke menu bootable VISTA, maka anda Klik Next – pada jendela System Recovery Options Startup Repair, Tujuannya adalah untuk membooting ulang Vista yang sudah anda instal lebih dahulu, supaya bisa masuk ke Vista kalo tidak akan selalu masuk ke Xp karena XP dan Vista mempunyai sistem yang beda, setelah anda masuk pada windows vista maka instal EasyBCD.

5. Jalankan EasyBCD dan ke Add/Remove Entries. Pilih Drive dimana anda Instal XP(misal D:) and kemudian pilih Type Windows NT/2k/XP/2k3. Dan Ketikan nama yang ingin anda munculkan saat boot loader seperti "Microsoft Windows XP" atau "Windows XP" juga "XP". Klik Add Entry dan Save

Dah selesai deh.....tapi tunggu dulu kalau di kasus saya waktu saya
restart malah muncul
NTDETECT.COM DAN NTDLR Missing ??? Oalah ilang kemana lagi nih 2 file ini. Cara pertama coba kopi file yang ada di CD XPnya biasanya di folder i386\ kopiin dah 2 file tadi ke tempat anda menginstalasi XP. Nah Beres deh! (gunakan CD Vistanya)

Eh teryata masih aja nga bisa muncul boot loadernya....pusink2 dah, teryata caranya simple banget. anda masuk aja ke Vista (gunakan CD Vistanya) lalu ke aplikas BCD lalu ke configure boot ganti settingan ke C: aja....bim sala bim.....
restart aja deh laptop anda, dan jreng nongol dah akhirnya boot loadernya........

Untuk aplikasi ada beberapa aplikasi bisa dipake di XP tanpa di instalasi kembali (karena dah ada di Vista kan?) tapi beberapa lagi kayanya sih harus deh, jadi coba2 aja cari aplikasi yang bisa dipake di 2 OS, kalau nga salah macam adobe PDF dan aplikasi biasa sih bisa, tp macam Office saya coba sih kaga bisa...OK selamat mencoba!!

<<>>>

Tutorial : Dual Boot Vista dan XP (Dengan Vista Terinstall Dahulu)

Tutorial ini akan dibagi menjadi beberapa step :

Step 1 – Intro

Step 2 - Create Free Space for Windows XP

Step 3 - Install Windows XP

Step 4 - Restore Vista Bootloader and Enable Dual Booting

Step 5 - Removing Windows XP

Step 6 - Fixing the Corrupt Bootloader

STEP 1 – INTRO

Tutorial ini membahas secara step-by-step cara instalasi 2 (dua) OS dalam satu komputer, yakni Windows XP dan Windows Vista, dengan kriteria bahwa komputer anda telah terinstall Windows Vista terlebih dahulu.

Software yang digunakan dalam tutorial ini :

1. Windows XP SP2

2. Windows Vista Home Premium

3. EasyBCD

4. GPartEd Live CD http://gparted.sourceforge.net/download.php

5. Vista Disk Management

6. Microsoft .NET Framework 2.0

Hardware yang digunakan dalam tutorial ini :

1. Notebook ASUS F8SG

Bios : AMIBIOS Version 302

2. Harddisk 160GB (internal)

STEP 2 – Create Free Space for Windows XP

(NOTE : Backup dahulu semua data anda pada harddisk yang akan anda partisi)

Pertama-tama kita akan melakukan partisi pada hard disk anda agar dapat digunakan untuk melakukan instalasi Windows XP. Partisi dapat dilakukan dengan 3 cara.

Option 1 - Using GPartEd

Software yang akan kita gunakan adalah GParted Live CD ISO. Download lalu burn ke dalam CD – versi yang digunakan adalah 0.3.7-7.

Saat anda boot melalui GParted LiveCD (tegantung pada sistem yang anda gunakan), anda tinggal memilih auto-configuration boot option.

211

Selama booting, tekan Enter dua kali saat muncul pemilihan keymap dan language setting.

Saat halaman utama GUI tampil, klik-kanan pada Main Windows XP NTFS Partition (tergantung pada setup anda, biasanya /dev/hda1) dan pilih ‘Resize/Move’.

221

Gunakan slider untuk mengurangi ukuran partisi dan buat ukuran yang cukup untuk menginstal XP (minimal 5 GB) dan klik ‘Resize/Move’

231

Perubahan yang dilakukan belum sepenuhnya selesai. Untuk memastikan perubahan partisi tersebut, klik ‘Apply’. Gparted akan menanyakan konfirmasi mengenai perubahan yang dilakukan, klik ‘OK’.

Option 2 - Using DISKPART

241

Boot komputer anda melalui Vista DVD. Pilih bahasa yang ingin anda gunakan, lalu “Install Now”

Saat muncul halaman product key page, tekan SHIFT + F10 untuk menampilkan layar Windows PE 2.0. Lalu ketik ‘DISKPART’ dan tekan enter untuk menampilkan DISKPART utility.

251

Lalu ketik ‘LIST VOLUME’ – guna menampilkan informasi mengenai partisi/volume yang tersedia di sistem. Pilih partisi utama Windows XP dengan mengetik ‘SELECT VOLUME 0’ (hal ini tergantung pada sistem anda, umumnya Volume 0 – namun pada gambar Volume 1).

261

STEP 3 - Install Windows XP

Untuk tutorial ini, saya menggunakan notebook saya dengan Bios – AMIBIOS Ver. 302. Untuk notebook saya ini diperlukan sedikit setting pada bios agar dapat membaca CD installer anda sebagai booting awal.

Masuk ke Bios anda, cari tab ‘Advance’ – ‘IDE Configuration’ – ubah ‘SATA Operation Mode’ dari “enhanced” (ini nilai default nya) menjadi “compatible”. Ganti boot setup anda dengan priority pada CD-Rom anda agar anda dapat menginstall Windsow XP melalui CD installer anda. Lalu setelah itu save dan restart.

31

Partisi yang telah anda buat sebelumnya harusnya muncul sepert pada gambar di atas – “Unpartitioned Space”.

Buat partisi keda dengan menggunakan layar Windows XP installer seperti gambar di atas dengan memilih “Unpartitioned Space” dan menekan “C” untuk membuat partisi – pilih NTFS sebagai file sistemnya. Lalu ikuti proses instalasi seperti biasanya.

Saat XP sudah terinstal dan anda menjalankan Windows XP, maka buka Windows Explorer dan anda akan menemukan 2 partisi anda dengan Drive C: dan E: (pada tutorial ini).

Drive C: memuat Windows Vista dan Drive E: memuat Windows XP anda.

(NOTE : Saat anda ingin menginstall program di kemudian waktu, sebaiknya gunakan Drive sesuai dengan Windows yang sedang anda gunakan saat anda ingin menginstal)


STEP 4 - Restore Vista Bootloader and Enable Dualbooting

41

Kita harus restore Vista Booloader guna mengembalikan fungsionalitas dari Vista dan mengatur Vista/XP Dualbooting.

Pertama-tama download dan install Microsoft .NET Framework 2.0, lalu download dan install EasyBCD (version 1.7.2).

Jalankan aplikasi EasyBCD. EasyBCD tidak akan menemukan XP Bootloader, tetapi Vista Bootloader yang akan ditemukan. Maka hal inilah yang akan anda lakukan.

Masuk ke tab “Add/remove Entries”. Anda akan melihat bahwa hanya ada Vista Bootloader pada layar kanannya. Pada bagian “Add an Entry”, ubah pilihan Drive dari C:\ menjadi E:\. Ubah ‘Type’ menjadi ‘Windows NT/2k/XP/2k3’ dan ‘Name’ menjadi ‘Microsoft Windows XP’. Lalu klik ‘Add Entry’ dan ‘Save’.

42

Lalu masuk ke tab “Manage Bootloader”. Pilih ‘Reinstall the Vista Bootloader’ dan klik ‘Write MBR’ dan restart komputer anda.43

Step 5 - Removing Windows XP

Jika anda merasa bahwa dualbooting Vista - XP ini kurang cocok dan anda ingin menghilangkan dualbooting ini terutama pada Windows Vista, maka anda perlu mengikuti STEP 5 ini.

Gunakan EasyBCD untuk menghilangkan (remove) Windows XP Boot Entry, lalu masuk ke Computer Management (klik-kanan pada ‘Computer’, ‘Manage’) dan pergi ke Disk Management.

Klik-kanan Drive E: (partisi Windows XP) dan pilih Delete Volume.

Klik-kanan pada partisi baru yang ada buat dan pilih ‘Delete Partition’.

Klik-kanan Drive C: (partisi Vista) dan klik ‘Extend Volume’ – ini akan membuka Extend Volume Wizard.

51

Wizard ini akan memberikan anda keterangan mengenai kapasitas yang masih mencukupi untuk meng’extend’ partisi – masukan kapasitas yang anda inginkan dan tekan ‘Next’. Vista akan meng’extend’ partisi sistem dan Windows akan sepenuhnya bersih dari komputer anda.

STEP 6 - Fixing the Corrupt Bootloader

61

Jika Windows XP Bootloader yang anda install mengalami masalah/corrupts, reinstall bukanlah suatu solusi.

Untuk mengatasi masalah ini anda perlu restore Vista Bootloader sehingga anda dapat boot ke dalam Vista, install EasyBCD dan buat ‘boot entry’ untuk Windows XP. Sekali hal ini telah dilakukan, anda dapat boot ke dalam partisi XP dan instalasi akan berlanjut.

62

Boot dari DVD Vista anda dan saat muncul layar “Install Now”, pilih ‘Repair Your Computer’. Lalu akan muncul layar yang mencari local Vista Installation, layar ini seharusnya hanya muncul satu pilihan lalu klik ‘Next’.

63

Layar System Recovery Options akan muncul. Pilih pilihan pertama – Startup Repair. Pilihan ini akan secara otomatis mencari permasalahan yang terjadi pada Vista (seperti kehilangan bootloader) dan akan memperbaikinya secara otomatis.

Jika anda meng-klik “Click here for diagnostic and repair details” dan cari pilihan bagian bawah pada list, hal ini akan menampilkan masalah yang terdeteksi dan yang diperbaiki adalah boot sector yang corrupt.

Klik Close dan Finish, lalu sistem akan restart dan boot ke Vista. Sekarang anda perlu untuk mendownload dan install EasyBCD lalu ikuti STEP 4.




1 comments:

c4ndr4 mengatakan...

y

Posting Komentar