Rabu, 25 November 2009

Cara Menghilangkan Peringatan Windows Genuine

Cara Menghilangkan Peringatan Windows Genuine

Beberapa hari yang lalu teman saya minta tolong laptopnya diinstall ulang karena ada peringatan untuk membeli lisensi Windows Genuine. Jadi setiap mau login, harus menunggu beberapa detik. Selain itu ada logo Windows Genuine yang berada di pojok kanan bawah desktop yang dirasa sangat mengganggu.

Namun karena saat itu saya sedang tidak ada waktu untuk menginstall ulang karena harus pergi ke semarang, akhirnya di travel saya googling untuk mencari solusinya. Karena beberapa waktu yang lalu saya ingat pernah membaca kalau peringatan itu bisa dihilangkan. Setelah beberapa menit bertanya-tanya pada Google via Opera Mini, akhirnya saya menemukan caranya. Sebenarnya caranya sangat simpel, hanya ada 3 langkah. Berikut ini penjelasannya.

1. Matikan proses WgaTray.exe yang sedang berjalan. Saya sudah mencoba lewat task manager, baik lewat safe mode maupun tidak, namun tetap gagal. Setiap di klik end process, otomatis akan muncul lagi WgaTray.exe di task manager bawaan windows. Kemudian saya ada ide untuk menggunakan task manager alternatif. Saya menggunakan The Killer Machine (TKM). Ternyata dengan bantuan software ini WgaTray.exe berhasil diatasi.

2. Setelah dimatikan prosesnyam file WgaTray.exe baru bisa di hapus. Letaknya di C:\WINDOWS\system32 . Untuk mempermudah, anda bisa menggunakan cmd (Start > run > cmd > ok). Lalu ketikkan kode berikut :
del C:\windows\system32\WgaTray.exe /F

Setelah itu tekan enter. Dan jangan di tutup dulu cmd nya karena kita akan membutuhkannya di langkah ke-3.

3. Untuk mengatasi peringatan saat kita login, perlu menghapus sebuah key di regedit. Caranya bisa langsung membuka regedit, lalu hapus Key HKLM\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\Notify\WgaLogon. Atau cara mudahnya, copykan kode berikut ke cmd yang masih terbuka tadi.
REG delete "HKLM\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\Notify\WgaLogon" /f

O ya, tips buat yang belum tahu, untuk cara paste di jendela cmd adalah dengan klik kanan icon di pojok kiri atas jendela cmd, lalu pilih edit > paste.

Setelah melakukan 3 langkah tersebut, restartlah komputer Anda. Maka peringatan Windows Genuine akan hilang. Dan untuk menghindari muncul peringatan Windows Genuine lagi, silahkan matikan fungsi Automatic Update. Caranya buka control panel > Security Center > Automatic Updates, lalu pilih Turn off Automatic Updates dan klik OK.

0 comments:

Posting Komentar